Banyak orang yang masih bingung dengan perbedaan Spanduk Kain dan Spanduk Plastik (MMT). Kedua jenis tersebut sama-sama digunakan untuk memberikan informasi (iklan) kepada masyarakat luas. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi terkait perbedaan yang perlu kamu ketahui.

Bahan

Spanduk Kain :

Sesuai namanya, spanduk kain tentu menggunakan bahan dasar kain. Jenis kain yang digunakan juga bermacam-macam, mulai dari lebar dan kerapatan benang. ESWE Advertising sendiri menggunakan 3 jenis kain, yaitu Tetoron Cotton (TC) ukuran lebar 90 cm, Tetoron Cotton (TC) ukuran lebar 115 cm dan Nagata ukuran 150 cm.

Spanduk Flexi (Plastik/MMT) : 

Sesuai namanya, bahan yang digunakan adalah Flexi (Plastik). Tersedia ukuran yang lebih bermacam-macam mulai dari ketebalan, ukuran dan jenis Flexi (Plastik).

 

Warna.

Spanduk Kain :

Warna yang dapat dihasilkan oleh spanduk kain memiliki warna yang solid dan tegas. Bisa gradasi/raster dengan ukuran tertentu. Tinta meresap kedalam kain dengan sempurna sehingga lebih awet meski dalam keadaan cuaca panas dan hujan sekalipun. Jika dibawah sinar matahari/lampu. tidak akan memantulkan cahaya.

Spanduk Flexi (Plastik/MMT) : 

Warna yang dapat dihasilkan bermacam-macam dan sangat mampu untuk menggradasi warna tidak seperti spanduk kain sehingga lebih menarik untuk dilihat. Tinta hanya pada permukaan saja. Keawetan tergantung pada jenis printer yang digunakan, jika yang digunakan jenis lama biasanya mudah luntur . Jika dibawah sinar matahari/lampu akan memantulkan cahaya, sehingga terkadang ada beberapa huruf/gambar yang tidak bisa terbaca.

 

Proses Pembuatan.

Spanduk Kain : 

Proses cetak spanduk kain ikut bergantung pada keadaan cuaca. Jika cuaca cerah dapat selesai lebih cepat, namun jika hujan akan lebih lama. Proses cetak juga bergantung pada kerumitan desain, semakin simpel makan akan semakin cepat. Normalnya jika mencetak 20 Spanduk Kain/Umbul-Umbul dengan desain 5 macam warna akan dapat diselesaikan dalam waktu 2-3 hari kerja.

Spanduk Flexi (Plastik/MMT) : 

Proses cetak spanduk plastik bergantung dengan jenis printer yang ada. Jika jenis lama prosesnya lebih lama dari pada jenis baru. Spanduk Plastik tidak bergantung dengan keadaan cuaca. Normalnya untuk mencetak 20 Spanduk Plastik hanya membutuhkan waktu beberapa jam atau lebih mudahnya hanya 1 hari kerja.

 

Harga.

Spanduk Kain : 

Semakin panjang kain yang dibutuhkan maka harga akan sangat murah. Jika hanya mencetak sedikit harga lebih mahal.

Spanduk Flexi (Plastik/MMT) : 

Patokan harga hanya berdasarkan ukuran. Jika cetak sedikit terasa lebih murah, jika cetak massal akan lebih murah spanduk kain dari pada Spanduk Flexi (Plastik).

 

Keawetan.

Spanduk Kain : 

Spanduk kain memiliki keawetan yang lebih baik dari pada Spanduk Flexi (Plastik), baik dari segi warna maupun bahan. Spanduk Kain dapat bertahan hingga 1-2 tahun.

Spanduk Flexi (Plastik/MMT) : 

Spanduk Flexi (Plastik) biasanya hanya mampu bertahan 6-12 bulan. Hal tersebut juga bergantung dari jenis bahan dan printer yang digunakan.

× Hubungi Kami